Tebing Keraton dan Roti Gempol, cara menyambut pagi di kota Bandung

Sepulangnya ke Bandung, saya sudah dihadapkan kepada banyaknya pilihan tempat wisata dan kuliner baru yang menanti. Salah satunya adalah Tebing Keraton, destinasi yang diburu setiap wisatawan yang datang ke Bandung. Entah bagaimana ceritanya hingga tempat ini bisa terkenal. Dulu sebelum ada Tebing Keraton, biasanya saya dan teman-teman akan pergi ke Caringin Tilu untuk menikmati matahari pagi dan perasaan melayang karena kita berada di atas awan.

Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba datang ke Tebing Keraton saat teman saya dari Surabaya sedang berkunjung ke Bandung. Kami memutuskan untuk berangkat dari kontrakan saya di Ciumbeleuit pukul 4.30 pagi dengan mobil. Kami mengikuti arahan dari google maps untuk sampai ke sana, memakan waktu sekitar 30 menit sampai di pangkalan ojek. Sebelum kesini, saya bertanya kepada teman yang sudah ke sini sebelumnya. Pesan mereka adalah “tawar aja ojeknya, li. Kemarin kita bisa dapet sampe 35 ribu”. Dan benar, sampai pangkalan ojek itu kita diharuskan memarkir mobil dan naik motor atau jalan kaki sampai ke Tebing Keraton. Sebenarnya jika kita berangkat lebih pagi memungkinkan untuk jalan kaki sampai atas, tetapi kita sudah cukup siang sehingga terburu waktu untuk menikmati kabut pagi hari. Akhirnya kami memutuskan untuk naik ojek setelah adegan jalan meninggalkan mereka dan tawar menawar harga, dan dapatlah deal Rp40ribu/pp. Tidak cukup sampai disitu, kami harus membayar tiket masuk Tebing Keraton sebesar Rp11ribu/orang. Tidak seperti yang dilihat di blog-blog orang sebelumnya, dari pintu masuk sampai ke titik untuk melihat pemandangannya sudah dihias sedemikian rupa sehingga terlihat rapih, ada jalan setapak dan dibatasi pagar.

R0013988R0014008R0013990R0014006

Beruntungnya kami saat itu hanya ada satu orang saja yang sedang menyetel kameranya sehingga kami bisa menikmati pemandangan dengan tenang. Salah satu cara asik untuk menyambut pagi di Bandung, menikmati pemandangan alam diselimuti kabut dan udara yang masih bersih.

R0013989R0014038

Hal yang bisa anda lakukan adalah mencoba untuk berfoto di batu keren di ujung tebing, tetapi harus berhati-hati karena medan yang licin.

R0014000R0013997R0014024

Setelah selesai menikmati pemandangan di Tebing Keraton, selanjutnya adalah kegiatan wajib untuk sarapan di Bandung, yaitu makan Roti Gempol (Jl. Gempol Wetan No.14, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115). Selain bisa menikmati roti bakar manis atau asin olahan mereka sendiri, disini kita bisa menikmati mie yamin yang lezat, aneka kue-kue kering yang masih hangat.

R0014041

3 pemikiran pada “Tebing Keraton dan Roti Gempol, cara menyambut pagi di kota Bandung